Teknik pengobatan alternatif yang melibatkan pemberian tekanan lembut namun bertenaga pada bagian tertentu pada tangan dan kaki (terkadang termasuk pergelangan tangan) yang berhubungan dengan bagian tubuh yang mungkin sakit atau merasa sakit.

Ada beberapa titik akupresur, namun titik yang umum digunakan antara lain LR-3 atau titik hati 3, titik ini berada bagian lunak di antara ibu jari kaki dan jari kedua pada kaki. Lalu, LI4 atau titik usus besar berada di jari tangan. Posisinya hampir sama dengan titik hati. Yaitu di bagian lunak antara jari telunjuk dan ibu jari. Titik berikutnya adalah SP-6 atau titik limpa 6. Titik ini berada sekitar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki, tepatnya pada bagian lunak atau otot betis bagian bawah.

Akupresur dipercaya dapat membuat tubuh terasa lebih segar dan dapat membantu mengatasi kondisi kesehatan tertentu. Akupresur bekerja dengan membebaskan sumbatan energi dalam tubuh. Ketika salah satu meridian terhambat, maka akan terjadi ketidakseimbangan tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Proses akupresur yang menekan pada titik meridian tubuh dipercaya dapat mengatasi penyumbatan tersebut dan mengembalikan keseimbangan tubuh.

Titik-titik akupresur terletak pada kedua telapak tangan dan telapak kaki. Di telapak – telapak itu terdapat titik akupresur untuk jantung, paru, ginjal, maya, hati, kelenjar tiroid, pankreas, sinus dan otak. “Penyakit lainnya yang bisa disembuhkan dengan terapi akupresur adalah stroke.

Selain itu, akupresur dipercaya dapat merangsang keluarnya hormon endorfin yang merupakan pereda nyeri alami, meningkatkan sirkulasi dalam tubuh, dan meredakan ketegangan pada otot.

Simpan

Simpan

Simpan